7 Votes
Kode 46 muncul karena Tegangan pada sistem injeksi kurang, banyak hal
sebagai penyebanya diataranya:
adanya contak yang kurang baik pada socket2 pengisian tegangan mulai dari Soket tegangan AC 3pasa, Dioda kiprok,sekring,konektor accu atau mungkin accu sudah rusak.
adanya contak yang kurang baik pada socket2 pengisian tegangan mulai dari Soket tegangan AC 3pasa, Dioda kiprok,sekring,konektor accu atau mungkin accu sudah rusak.
Langkah Pengetesan:
A. Pengetesan Tegangan Out Dioda Kiprok dan Sistem AC
1.
lakukan pengukuran tegangan pada out DC pada dioda apakah 14,1 – 14,3 V
pada 1500 rpm
2.
jika tegangan kurang berarti kerusakan pada Dioda atau mungkin pada sistem
AC mulai dari stator
3.
Coba lepaskan soket 3pasa dan ukur tahananya 0.448-0.672 Ω pada kondisi
medin dingin 20◦C
4.
lakukan pembersihan soket AC 3 pase dan socket dioda dengan kontak cleaner
5.
sambung kembali semua socket yang dilepas
6.
hidupkan motor dan ukur ulang tegangan pada soket DC out dioda apakah sudah
14.1 -14.3 pada 1500rpm jika tidak sesuai lakukan penggantian Stator Assy
7.
jika sudah lanjut ke langkah berikutnya.
B. Pengetesan Tegangan pada Accu
1.
Ukur tegangan Accu minimal 13.5-14.3V pada 1500rpm GOOD
2.
jika kurang lakukan pembersihan sekring ataupenggantian sekring dan contak
accu, semprot pakai contac cleaner
3.
ukur kembali tegangan Accu 13.5-14.3V pada 1500rpm GOOD
4.
jika Teganga di out dioda 14.1-14.3V tapi di accu masih kurang dari 13.5
pada 1500rpm ada kemungkinan accu yang rusak
5.
coba lakukan penyetruman Accu
6.
cek tegangan setelah penyetruman jika kurang dari 12volt segera lakukan
penggantian accu
Catatan:
jika teganagan diatas sudah terpenuhi yaitu tegangan pengisian pada kutub + dan – adalah 14.1-14.3V dan masih terjadi drop tegangan coba Ganti lampu Rem belakang Kemungkinan karena pemakaian yang lama Tahanan dalam lampu menjadi lebih kecil sehingga arus yang mengalir lebih besar ( lampu tidak lagi senilai dengan 21 watt atau 1.8 A)yang dapat membuat aki cepat habis terutama saat rpm rendah dan sering melakukan pengereman.
jika teganagan diatas sudah terpenuhi yaitu tegangan pengisian pada kutub + dan – adalah 14.1-14.3V dan masih terjadi drop tegangan coba Ganti lampu Rem belakang Kemungkinan karena pemakaian yang lama Tahanan dalam lampu menjadi lebih kecil sehingga arus yang mengalir lebih besar ( lampu tidak lagi senilai dengan 21 watt atau 1.8 A)yang dapat membuat aki cepat habis terutama saat rpm rendah dan sering melakukan pengereman.