Senin, 25 November 2013

fullwave honda supra x125&karisma

Modifikasi fullwave di Honda Supra X 125 (HSX125) dan Karisma lebih gampang … nggak ada jalur spul lampu … cuma 2 tap solder di stator … satu tuk jalur charging dan satu lagi tuk grounding. Identifikasinya gampang … tab ground ada kabel hijau tersolder di situ — kabel hijau di Honda artinya jalur GROUND :D — Jadi, kawat spul yang tersolder di tab itu, pasti “ground spul” …
Stator Honda Supra X 125
Stator Honda Karisma juga mirip-mirip …
Stator Honda Karisma (maaf fotonya burem)
Modifikasinya masih tetap sama … kawat spul yang nempel di ground/bodi (A) harus dicabut dari tab ground … trus disambung ke kabel tambahan untuk dijadikan input AC ke regulator fullwave, sama seperti kabel putih pada stator.
Langkah selanjutnya sama seperti modifikasi fullwave di motor-motor lainnya …
Ganti regulator bawaan motor dengan regulator fullwave, misal, regulator Honda Tiger …
Pindah-pindah sedikit jalur-jalur kabelnya (bisa lihat di artikel “Fullwave: Instalasi Regulator Honda Tiger“).
Ntar saya lengkapi lagi skemanya … kalo sempat :D
Wasalam

5 komentar:

  1. BRO rangkaian nya gmana klo foto doang ane kurang faham.. thanks sebelumnya uda share bro

    BalasHapus
  2. bro motor ane supra x 125 dan saya sudah coba dan berhasil tp lama klamaan aki nya jdi panas dan spedometer nya jdi eror... itu kendalanya di mna ya??? mhon solusinya,,,, thanks sblumnya,,,

    BalasHapus
  3. Aki hsx 125 panas memang wajar krna posisi aki berada di bagasi sehingga tidak ada sirkulasi udara & juga panas suhu mesin, kalo untuk speedo nya error bisa karena instalasi kabel yang kurang teliti juga. solusi nya bisa dengan memasang relay setelah fullwave

    BalasHapus
  4. Relay nya di pasang di mana bro ?

    BalasHapus
  5. Asalm mas mau tanya motor ane kondisi sudah di fw tapi kenapa yah ko aki masih tekor gimana solusi'ya supaya ga tekor

    BalasHapus